Pembina Persita Dukung Penghentian Kompetisi Sepak Bola

Tangerang: Bupati Tangerang Zaki Iskandar, selaku pembina Persita Tangerang mendukung pemberhentian sementara kompetisi Liga Indonesia 2018, terkait tewasnya suporter Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Jawa Barat di Liga 1 Indonesia 2018. 

Pemberhentian sementara liga, menurut Zaki, supaya pihak kepolisian dapat mengusut secara tuntas mengenai pelaku-pelaku pengeroyokan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa tersebut.

Zaki meminta perkara kasus seperti itu harus mendapat penanganan ekstra lebih. Siapapun pelakunya harus ditindak secara hukum dan tegas. 

Baca juga: Liga 1 Ditunda, Aremania Rela Menunggu

“Suporter kami (Persita) juga pernah menjadi korban pada beberapa waktu yang lalu, yaitu Banu. Tapi, sampai saat ini kami tidak tahu sejauh mana tindakan pihak kepolisian mengusut kasus tersebut,” ujar Zaki di Tangerang, Rabu 26 September 2018. 

Zaki menjelaskan, permasalahan ini bukan hanya soal fanatisme suporter belaka. Tapi perlu duduk bersama untuk menuntaskan bagaimana arah industri sepak bola di masa datang. 

“Kita turut prihatin atas jatuhnya korban di GBLA kemarin. Kita juga memohon kepada pihak-pihak terkait baik itu PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, dapat duduk bersama untuk menijau ulang masalah-masalah yang terjadi di dunia sepak bola Indonesia,” jelas Zaki.

Baca juga: Demi Juara Grup, Timnas U-16 Latihan di Bawah Hujan Deras

Zaki mengatakan, Kabupaten Tangerang dalam waktu dekat akan menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018. Ia berharap, ajang tersebut sebagai pemersatu agar masalah yang terjadi tak terulang. 

“Saya yakin semangat PORPOV Banten ini untuk kebersamaan. Kita saling berkompetisi, saling unjuk kreativitas, strategi dan keahlian masing-masing. Tapi ini merupakan ajang silahturahmi untuk membuat olahraga menjadi gaya hidup masyarakat, bukan sekadar panatisme semata karena ini membawa nama daerah,” jela Zaki.

Dalam PORPOV nanti, lanjut Zaki, pihaknya akan mengundang seluruh masyarakat Provinsi Banten untuk hadir dan melihat pertandingan.

“Ini yang kita harapkan, sebagai tuan rumah kita harus menjadi tuan rumah yang baik. Mudah-mudahan tidak terjadi fanatisme sempit yang menyebabakan awal mula kerusuhan-kerusuhan tersebut,” kata Zaki.

Video: Atep Sayangkan Penghentian Sementara Liga 1
 

(RIZ)