Eks Persib Usulkan Organisasi Suporter Sepak Bola Dibubarkan

Bandung: Insiden maut yang menewaskan salah seorang suporter Persija Jakarta, Jakmania, Haringga Sirla, 23, mengundang reaksi dari berbagai pihak. Salah satunya mantan kiper Persib Bandung tahun 1986, Wawan Hermawan, yang mengusulkan organisasi suporter dibubarkan.

Wawan menyayangkan adanya kasus pengeroyokan yang dinilainya tak perlu terjadi. Haringga tewas dikeroyok sekelompok suporter Persib di Stadion GBLA, Minggu 23 September 2018 lalu.

“Perihatin dengan peristiwa pengeroyokan, itu seperti binatang, biadab. Saya berharap liga berhenti dulu, Viking‎ dan The Jak ditiadakan. Saya selaku eks Persib, merasakan beragam atmosfer pertandingan dari dulu, tak pernah ada kejadian sebiadab ini. Kalau bisa semua suporter ditiadakan dulu. Zaman saya dulu, sekeras apapun pertandingan, damai-damai saja,” kata Wawan di Bandung, Selasa 25 September 2018.

Meski berulang kali melakukan upaya damai, kata Wawan, kedua kelompok suporter itu masih tetap berseteru. Bahkan beberapa kali insiden menimbulkan korban.

“Mereka tidak bisa mengatur anggotanya meski sudah damai. Kalau mereka bisa membina anggotanya dengan baik, tidak akan seperti sekarang kejadiannya. Sekarang kelompoknya banyak sekali, susah diatur,” ujar dia.

Menurut Wawan, perseteruan kedua kubu tersebut menjadi berkepanjangan hingga saat ini. Dia berharap, pemangku kebijakan bisa segera bertindak.

“Saya melihatnya sangat akut ya, ini akan terus berulang seperti ini ya. Dan ini harus ada keputusan dari pemegang kebijakan,” kata pemain yang pernah membawa Persib juara di era Perserikatan menghadapi Perseman Manokwari.

Dalam waktu dekat, dia bersama eks Persib era 1986 akan berkumpul bersama untuk membahas kejadian tersebut. Bersama Legenda Persib lainnya, dia bakal menyatakan sikap agar kejadian serupa tak terulang.

“Seperti saat Persib main dengan Manokwari tahun 1986, itu suporter bersatu meski di dalam stadion berseteru, di luar stadion tetap kita bersatu. Besok rencananya kami akan berkumpul, dan menyatakan sikap atas tragedi Minggu kemarin, yang kami nilai sangat tidak manusiawi dan tidak patut dilakukan oleh suporter bola,” ucap Wawan.

Edy Rahmayadi: Bila Perlu Kita Bubarkan Liga Indonesia

(FIR)