PSS Sleman Susah Payah Kalahkan Persiba Balikpapan

Sleman: PSS Sleman susah payah mengalahkan tamunya Persiba Balikpapan dalam laga lanjutan Liga 2 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Kamis 20 September 2018. PSS menang tipis 1-0 lewat sepakan penalti Ichsan Pratama pada babak kedua.

Pertandingan babak pertama cukup berimbang. Kedua tim bisa saling menembus dan membahayakan pertahanan lawan. 

PSS yang mendapat peluang pertama pada menit keempat. Namun, sepakan dari luar kotak penalti Bagus Nirwanto melebar di kanan gawang Persiba yang dikawal kiper Fajar Setya Jaya. 

Hampir setengah jam laga berjalan, PSS kembali mengancam lewat Rangga Muslim. Sepakan jarak jauh Rangga dari sisi kanan pertahanan Persiba hanya membentur mistar gawang. 

Pada menit 35, Persiba giliran mengancam lewat sepakan Rosi Noprihanis. Sayang, sepakan bebas mantan pemain PSS ini bisa ditepis kiper Ega Rizky. 

Sejumlah peluang terus diciptakan kedua kesebelasan. Namun, skor sama kuat 0-0 bertahan sampai turun minum. 

PSS kembali berupaya menyerang saat bermain di hadapan puluhan ribu pendukung mereka. Menit 47, sepakan keras Arie Sandi diblok kiper Persiba. Bola muntah yang membentur Rifal Lastori hanya menghasilkan tendangan gawang untuk tim tamu. 

PSS mendapat peluang emas pada menit 50 lewat sundulan Cristian Gonzales. Serangan ini bermula dari umpan lambung Rangga disambut sundulan Gonzales. Sayang, sundulan pemain naturalisasi ini membentur tiang dan berada di pelukan kiper Persiba, Fajar Setya. 

PSS akhirnya membuka keunggulan saat pertandingan memasuki menit 59. Situasi ini bermula saat Rangga dilanggar pemain belakang Persiba. Ichsan Pratama yang maju sebagai eksekutor sukses memperdaya kiper Fajar Setya. PSS unggul 1-0 atas Persiba. 

Setelah tertinggal, Persiba terlihat banyak menekan. Misalnya pada menit 61. Dari umpang lambung Beni Oktovianto, Rosi mendapat peluang. Namun, kesempatan itu tak bisa dimaksimalkan Rosi. 

Tak lama setelah itu, tusukan Beni berhasil memperdaya barisan belakang PSS. Sayang, sontekannya bisa dibaca kiper Ega Rizky

PSS ganti mendapat momentum menggandakan keunggulan pada menit 65. Kerja sama Gonzales, Ilhamul Irhaz diakhiri dengan sepakan keras Rifal Lastori. Namun, sepakan Lastori tersebut bisa dihalau kiper Fajar Setya. 

Baik PSS maupun Persiba tetap kesulitan mencetak gol. Bahkan, beberapa kali peluang PSS digagalkan tiang dan mistar gawang. Sebaliknya, Persiba juga tak cukup bagus dalam penyelesaian akhir. Masuknya striker Orock Charles Oven Njok pada babak kedua juga tak memberi dampak signifikan bagi Persiba. 

Baca: Terkait Sanksi Ronaldo, UEFA Tunggu Laporan Wasit Felix Brych

Dalam catatan statistik pertandingan, tak banyak peluang tercipta dalam laga itu. Hanya ada tujuh tembakan tepat sasaran, tiga dari PSS dan empat dari Persiba. Sementara, PSS hanya unggul dalam penguasaan bola, 54 persen berbanding 46 persen dengan Persiba. Sampai peluit pertandingan berakhir, PSS unggul 1-0.

Pelatih Persiba Haryadi mengatakan, pertandingan berlangsung menarik dan enak ditonton. Ia mengaku menginstruksikan para pemainnya lebih banyak bertahan. “Kami tahu tuan rumah seperti apa, sehingga sudah kami antisipasi,” kata Haryadi.

Haryadi juga tak yakin pemainnya melakukan pelanggaran terhadap Rangga. Ia menilai, posisi di lapangan 50-50. “Tapi inilah sepa kbola,” ujarnya. 

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro mengatakan, timnya menjalani laga berat karena kalah dalam aliran bola dan beberapa kali salah passing. Selain itu, sejumlah peluang PSS juga digagalkan mistar gawang. 

“Sempat berpikir, ada apa ini (peluang PSS digagalkan tiang gawang). Tapi kami beruntung menang 1-0. Kita syukuri,” tegasnya.

Dengan kemenangan ini, PSS menjaga posisi persaingan di papan atas klasemen sementara Liga 2 wilayah timur, dengan Madura FC. PSS dan Madura FC sama-sama mengoleksi 34 poin dari 17 pertandingan. Sebaliknya, Persiba terpaku di posisi delapan dengan raihan 17 poin. 

Susunan pemain:
PSS Sleman: Ega Rizky (GK); Amarzukih, Arie Sandi, Bagus Nirwanto (C), Rian Miziar; Yericho Christiantoko, Ilhamul Irhaz, Rangga Muslim; Cristian Gonzales, Ichsan Pratama, Rifal Lastori

Persiba Balikpapan: Fajar Setya Jaya (GK); Aang Suparman, Ary Achmad Syafari, Hery Susilo, Muhammad Rokani; Bryan Cesar Ramadhan, Ilhamsyah,  Mohamad Fadil Redian; Beni Oktovianto, Rodi Noprihanis, Siswanto 

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Timnas U-19 Gelar Latihan Jelang PSSI Anniversary Cup 2018

(ASM)