18 Klub akan Bersaing di Liga 1 U-19

Jakarta: PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengumumkan 18 peserta Liga 1 U-19 2018. Rencananya kick off kompetisi usia muda ini dimulai pada Sabtu 29 September 2018. Ke-18 klub terbagi dalam tiga grup, di mana masing-masing grup berisikan enam kontestan. 

Pada musim keduanya menggelar Liga 1 U-19, PT LIB mengakui ada beberapa perubahan dari format kompetisi dibandingkan musim lalu. Salah satunya adalah fase grup yang bakal berjalan dua putaran.

Kick off akan dimulai pada 29 September. Format akan berbeda karena akan menggunakan home tournament pada fase grupnya,” ujar Chief Operation Officer PT LIB Tigor Shalomboboy, usai menggelar manager meeting yang dihadiri seluruh peserta klub.

Baca juga: FIFA Hukum Tiga Anggotanya Seumur Hidup

Sriwijaya akan menjadi tuan rumah Grup 1. Sementara Bali United bakal menjadi host di Grup 2. Satu grup lagi, yaitu Grup 3 akan digelar di Malang dan Arema tuan rumahnya.

“Untuk Sriwijaya, mereka menyanggupi menggelar dua putaran. Sementara di Grup 2 ada Bali United yang akan menjadi tuan rumah putaran pertama dan Persib putaran kedua. Sedangkan di Grup 3, baru Arema yang akan menjadi tuan rumah putaran pertama. Sementara putaran kedua belum diputuskan,” sambungnya.

Nantinya PT LIB bakal menyediakan subsidi bagi klub yang akan menjadi tuan rumah. Setiap tuan rumah juga harus menyediakan dua stadion, karena setiap harinya bakal digelar dua pertandingan dalam waktu bersamaan.

Baca juga: Noktah Merah Karier Ronaldo di Liga Champions

“Tuan rumah akan mendapat subsidi Rp200 juta. Mereka wajib mengakomodasi transportasi kegiatan resmi tim lain. Seperti latihan maksimal dua kali, dan lain sebagainya yang bersifat resmi. Sedangkan setiap tim yang bukan tuan rumah akan mendapatkan Rp150 juta,” jelas Tigor.

Usai babak grup, lanjut ke babak delapan besar yang digelar pada 5 Desember hingga 11 Desember 2018. Sistemnya juga ada pembagian grup. Tiap grup diambil dari dua tim teratas babak penyisihan grup. Dua tiket lagi diambil dari tim peringkat tiga terbaik.

Tuan rumah delapan besar memang belum diputuskan. Sedangkan laga semifinal dipastikan menggunakan format kandang tandang. Finalnya digelar di tempat netral dan akan ditentukan oleh pihak PT LIB.
 
Baca juga: Terkait Sanksi Ronaldo, UEFA Tunggu Laporan Wasit Felix Brych

“Laga semifinal bakal berlangsung 15 Desember. Sementara final diselenggarakan pada 18 Desember,” lanjut Tigor.

“Setiap klub bisa mendaftarkan lima pemain U-21. Dari 30 pemain yang didaftarkan, tiap klub boleh mendaftarkan maksimal lima pemain kelahiran tahun 1998. Dengan syarat pemain tersebut pernah terdaftar di Liga 1 U-19 musim lalu,” tegas Tigor.

Berikut Pembagian Grup Liga 1 U-19
Grup 1:
PSMS Medan, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, PS TIRA, PSIS Semarang
Grup 2: Persib Bandung, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Madura United, Bali United, Barito Putera
Grup 3: Arema FC, Borneo FC, Mitra Kukar, PSM Makassar, Perseru Serui, Persipura Jayapura   

Rincian Hadiah:
– Juara 1 Rp300 juta.
– Runner-up  Rp200 juta.
– Ketiga Rp100 juta.
– Pemain Terbaik Rp50 juta.
– Top Skorer Rp50 juta.

Video: Timnas U-19 Gelar Latihan Jelang PSSI Anniversary Cup 2018
 

(RIZ)