5 Cara Pria agar Panjang Umur

3. Rutin kontrol kesehatan

Pria terkenal lebih malas untuk mengunjungi dokter. Faktanya hanya ada 1 dari 4 pria yang rutin mengunjungi dokter berdasarkan National Center for Health Statistics. Para pria beralasan mereka sibuk, aneh saat bertatapan dengan dokter hingga takut.

Berbeda halnya bila pria rutin mengontrol kesehatan, aneka gejala awal penyakit bisa dideteksi dini. Seperti prediabetes atau tekanan darah tinggi.

4. Atur stres

Aneka tekanan pekerjaan, keluarga, ekonomi bisa membua pria jadi stres. Pada saat stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin. Bila tubuh menghasilkan kedua hormon tersebut bisa memicu tekanan darah dan kolesterol meningkat. Sehingga risiko terkena penyakit jantung seperti jantung koroner, serangan jantung, stroke meningkat.

5. Jaga kesehatan mental

Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention, dari total orang yang bunuh diri di Amerika Serikat 80 persen diantaranya pria. Sehingga tak heran bila bunuh diri jadi penyebab kematian nomor tujuh pada pria.

“Pria seringkali merasa dirinya mampu melewati aneka masalah sendiri. Namun ada kalanya mereka butuh bantuan orang lain,” kata anggota American Foundation for Suicide Prevention, Christine Moutier.

Bila mengalami masalah mental, tak ada salahnya untuk meminta dukungan teman terdekat, bila perlu datangi psikolog maupun psikiater.

Sumber Berita: liputan6.com